Sunday, March 8, 2009

Persiapan Lamaran (part 1)

InysaAllah saya akan dilamar resmi oleh iman dan keluarganya tgl 29 maret 2009. Sebenernya lamaran ini lebih bermaksud pengenalan keluarga besar saya dan iman, kan InsyaAllah beberapa bulan kedepan kami akan jadi satu keluarga. Selain itu,saya memang juga belum terlalu kenal sama keluarga besar iman, karena mayoritas keluarganya domisilinya di Majalengka sama Purwokerto, jadi momen ini jadi ajang silaturahmi gitu.

Untuk keluarga yg dateng, pada awalnya rencana kita cuma pengen sekandung dari pihak nenek-kakek kedua belah pihak, jadi kaya om&tante gt, cuma pas berita ini tersebar, ternyata dari keluarga iman, ponakan2 bapak-mamanya juga mau dtg, jadi yasudah deh, akhirnya bakal jadi banyak yg dtg,, perkiraan sampe saat ini sih (konfirmasi dari papa-mamanya iman) ada sekitar 65 orang yg dateng (rameee!!), kalo dari keluarga aku sekitar 40 orang, trus tetangga2 dirumah aku sekitar 20 orang. jadi total perkiraan sampe saat ini sekitar 120 orang yg dtg. Rame banget yaaaa..
Tadinya sih saya ga mau undang tetangga, cuma kata mama-papa, ga enak klo ga undang tetangga soalnya kan acaranya kita lumayan besar dan bisa menggangu kenyamanan
Trus sebenernya saya juga pengen ngundang temen2, paling ga tmen2 deket aja, cuma mama ga setuju, kata mama ini acara keluarga aja, klo mau undang temen sekalian diresepsi aja, trus kata mama, ntr akunya juga ga fokus, bukannya malah mendekatkan diri sama kelurga iman, malah ngobrol2 sama temen2, gitu deh alasan mama, agak masuk akal juga sih, jadi lagi2 saya nurut deh, jadi maafnya temen2 ga bisa ngajak2. Tapi saya undang feli (sahabat saya dari kecil) , tapi kan dia bukan temen, udh kaya sodara, hehehe.

Persiapan lamaran kita kayanya udh hampir 60 %.

ini list yang udh saya sama iman lakuin :

1. Cincin
Cincin ini sebernya kaya simbol kalo iman sudah 'mengikat saya'. Menurut keluarganya iman, klo lamaran itu harus ada tanda mengikat, biasanya klo ga cincin bisa pakai uang, cuman males bgt saya dikasih uang, jadinya kita pakai cincin. Sebernya klo lamaran bisa aja cuma saya yg dikasi cincin, tapi setelah kami dan keluarga pertimbangkan, kok kayanya ga fair, cuma saya yg 'diiket' tapi imannya ga, akhirnya nanti saya dan iman akan dipakaikan cincin oleh keluarga masing (diwakili oleh para mama ).
Untuk cincin sendiri, karena kita skrg domisilinya disingapur, kita beli cincinya disingapur.
Disingapur ada tiga toko yang menurut kita layak untuk dijadiin pilihan, lee hwa jewerelly, goldheart, citigems. tadinya kita nyari2nya pengen satu pasanag kaya cincin nikah, tapi kok, kaya ga ada cocok, soalnya iman maunya yg simple bgt (tanpa berlian) sedangkan saya maunya yg pake berlian (hehehehe). biasanya klo cincin nikah itu sama bgt designnya, jadi ga bisa memuaskan keinginanan kedua belah pihak yg seleranya agak beda. Setelah melalui proses keluar masuk banyak toko, diskusi sama penjual, liat referensi dari internet, kita akhirnya mau beli cincin yg kepisah, jadi ga kaya cincin nikah.Iman akan beliin saya diomond ring sollitaire dan dia akan pilih design yg simple. Saya seneeeeengg banget, seumur2 saya ga pernah pake cincin berlian, sekarang malah dpt dari lelaki yg paling istimewa buat saya trus dikasi pas momen yg istimewa juga.. diamond is special, isn's it??!! hehehehe...
Akhirnya kita beli cincin di citigems plaza singapura. Iman yang pilihin cincinnya (beneran dia yg milih loh) sesuai sama rencananya kita, saya dikasi diamond ring, berapa karatnya saya ga mau kasi tau, hehehe2.. oh iya, saran dari saya, klo mau beli diomond ring, sekalian yg pake sertifikat aja, biar lebih yakin sama keasliannya, kalo yg iman kasih kesaya diserfikasi oleh IGI (international Gemological institure). Untuk diri dia, iman pilih cincin yg simple, ga ada berliannya, mirip2 kaya cincin lord of the ring.. Insyallah kalau kita ada rejeki, nanti untuk cincin nikah saya akan bikin yg kaya iman,, biar sama, jadi saya nanti punya dua cincin, cincin lamaran sama cincin nikah,, hehehehehhe.... semoga ada rejekinya, amiinnnn.
Untuk harganya kayanya saya ga mau kasi tau, soalnya kan bukan saya yg ngeluarin uang, jadi saya ga punya hak buat beberin pengeluarannya masku itu, hehehheehe..
Cincin kita alhamdulillah udh jadi sebulanan lalu, jadi urusan cincin lamaran udh beres.

2.Pakaian saya dan iman.
Karena pas lamaran nanti saya dan iman jadi artisnya (hehehehe,,) jadi kita pengen tampil oke,,
Untuk pakaian saya, saya akan pake kebaya plus kain biron, saya emang pengen terlihat jawa, biar keluarga iman suka sama saya,, hehehehehe...
Pas tahun baru cina kemaren saya dan iman pulang ke indonesia, pas pulang itu saya sempet2in untuk bikin kebaya.
Bahan kebaya saya, belinya di pasar baru, di toko Pronto. Saya dan mama emang udh sring kesini, selain tokonya nyaman, pelayannya ramah, koleksi bahannya juga bagus, Recomended deh.. bahan yang saya beli ga mahal2 banget,karena emang prefer ga yg berat2 bahannya soalnya kan acaranya dirumah. Total untuk bahan saya sekitar 350rb (itu untuk bahan kebaya sm kamisolnya).
Untuk penjahitnya, untuk acara khusus2 saya biasa jahit di pasar sunan giri, Mode boutique. Sebenernya penjahit ini bisa dibilang agak lumayan mahal, tapi hasilnya emang oke. Sebenrnya mau cari yg agak murah, tapi saya ga punya waktu buat liat2 yg lain, trus takut ga cocok juga, jadi saya memutuskan mau jahit disana. Untuk model kebayanya, kerahnya saya pake bordir shanghai dan tile, trus kancing depan, dan dikasi payet.
ini list harga jahit disana :
1. Kebaya, bordir kerah plus tile : Rp. 250rb
2. Kamisol : Rp 150 rb
3. Payet : Rp, 250 rb
4 kain biron : 125 rb (bahan kainnya saya beli di sunan giri, harganya Rp 70 rb)
Jadi total untuk kebaya saya sekitar Rp 1 jt-an. Oke,, itu emang out of budget banget,, masku ampe bete gt, katanya boros banget. Tapi saya udh terlanjur jahit, semoga aja hasilnya bagus jadinya ga nyesel. hehehehhe... smg nanti saya jadi tambah oke pake kebaya itu.

eh, udh dulu yaah,,
maap nanggung.
soalnya saya sama si mas udh mau pergi..
besok sambung lagi ke part 2..

2 comments:

  1. wah...congratz yah....kpn niy nikahnya??

    ReplyDelete
  2. makasih rika,,,
    inysaallah bulan desember ini,,
    kamu juga lagi dalam persiapan nikah yaaa...
    seruuuu,, samaan deh kitaaa..
    saling ngedoain yaaa..
    salam kenal!!!

    ReplyDelete