Sunday, March 15, 2009

Persiapan nikah (Part 2) - Gedung Resepsi

Hal yang pertama kita urus buat nikahan kita adalah tempat buat akad nikah sama resepsi..
kita emang pengennya akad sama resepsi satu tempat aja, trus dilakukan satu hari, soalnya klo dipisah2 tempat sama harinya bakal ada extra biaya dan extra tenaga dibutuhkan, jadi karena pertimbangan itu, kita pengennya akad nikah sama resepsi satu hari aja, dan ditempat yg sama.

Ada beberapa hal yang jadi perhatian kita buat milih gedung ini..
1.harga : budget kita buat gedung resepsi ini, sekitar 5-10 juta,, klo udh lebih 10 juta rasanya keberatan.

2. kapasitas gedung : sampai saat ini, perkiraan undangan yang akan kita sebar sekitar 500 undangan, berarti ada sekitar 1000 orang yang dateng. Jadi kapasitas gedung yang kita cari sekitar 1000-1200

3. letak gedung : karena rumah saya sama iman dibekasi,, jadi kita prefer cari lokasi yang sekitar jakarta timur atau jakarta pusat. klo dibekasi kayanya ga mungkin, soalnya terlalu jauh buat tamu2 kita, yang moyoritas domisili di jakarta, sedangkan kalo dijakarta selatan, kejauhan banget dari rumah kita berdua (padahal dijakarta selatan banyak gedung yang bagus nan murah), jadi jalan tengahnya antara jakarta timur atau ke jakarta pusat sekalian.

4.fasilitas gedung: fasilitas gedung yang jadi perhatian utama kita adalah, tempat parkir. kita paling bete keundangan kalo parkirnya susah, jadinya kita ga mau klo ntr tamu2 kita bete,jadi kita mencari gedung yang lahan parkirnya luas. Selain itu, ruang rias juga jadi perhatian utama kita (saya sih yang paling care), soalnya saya ga mau ntr pas lagi dirias tempatnya ga nyaman gitu, soalnya rias penganten ala minang ribet, belum lagi nanti ada banyak sodara2 yang butuh dirias, jadi tempatnta mesti mencukupilah.

5.rekanan vendor : jadi tiap gedung itu punya rekanan vendor masing2, dari mulai katering, pelaminan dan fotografer. Rata-rata mereka mengharuskan kita untuk pake vendor rekanan mereka, klo kita ga pake rekanan vendor mereka, kita bisa kena charge 25-30% dari biaya total. Males banget kaan. Jadi kita nyari gedung yang rekanan vendornya banyak dan kira2 akan pake.Misalnya, untuk pelaminan dan dekorasi, sampai sekarang kita cenderung pake Djus Masri, jadi kita nyari gedung paling ga rekanan sama Djus Masri (ntr lain kali saya ngebahas masalah pelaminan).

Kira2 itu pertimbangan umum yang kita pikirin sebelum milih gedung...

Ini cerita perburuan gedung resepsi kita :

Setelah pertemuan orang tua bulan desember lalu, saya udh mulai cerita sama beberapa temen deket, kalo saya mau nikah sekitar akhir tahun 2009 atau awal 2010. Ada sahabat dekat saya, namanya shinta, juga mau nikah bulan Oktober tahun ini, dia seneng banget pas saya bilang mau nikah akhir tahun ini. Seneng banget kita berdua mau nikah ditahun yang sama, diwaktu yang ga jauh beda,trus pake adat yang sama pula (dia orang minang juga), jadi kita bisa bagi2 cerita dan tips buat persiapan nikah ini. yipeeee!! Oh iya, Shinta ini udh resmi lamaran bulan oktober tahun lalu, dan pernikahan dia Insyaallah bakal dilaksanain di deptan tgl 11 oktober 2009.Sampe skrg persiapan shinta udh lumayan, dia udh dp gedung, catering sama pelaminan.




itu foto shinta sama calon suaminya (ta,aku ambil potomu dari facebook).

Shinta ini yang paling menyemangati saya buat ngurus nikahan, dari pas awal saya cerita ttg hal ini, dia heboh banget. Dia langsung ngasi email kesaya ttg vendor2 nikah, biaya2 catering, macem2 deh, saya aja ampe pusing ngeliatnya. Waktu itu mikirnya nikahan saya masi lama,saya masih cuek gitu. jadi setiap shinta sms nanya mau nikah digedung mana, pake vendor siapa, dll, saya slalu bilang belum tau.trus dia jadi malah makin heboh, dia bilang paling ga, ngurus gedung dulu, soalnya gedung itu klo ga di dp cepet2 ntar susah nyari tanggalnya.
Trus dia mulai nanya2, saya mau nikah didaerah mana, ya udh saya jawab aja yang ga jauh dari rumah,,
eeehh, tiba2 di awal januari saya dapet sms dari shinta..
"ta, gw udh telponin satu-satu semua gedung buat resepsi didaerah bekasi, jakarta timur dan pusat, udh gw kirim ke email lw daftar harga, alamat sama contact no-nya...."
uuuuuuuhh,, pas shinta sms gitu,, saya terharu bangeeett,,, seneng banget punya temen kaya shinta,, makasih ya syg.... luph u deh pokoknya ta..

lalu pas tahun baru cina kemaren, pas kami pulang ke indonesia, berbekal list dari shinta.. kami keliling jakarta timur sm jakarta selatan buat liat gedung2 itu..
Gedung yg kita liat itu:
-gedung aneka bakti,depsos
-gedung caraka loka,deplu
-gedung panti prajurit
-patrajasa
-rimba, manggala wana bakti
-dharma wanita persatuan

Dari semua gedung itu, yang paling memenuhi 5 kriteria yang kita sebutin diatas ada dua, gedung aneka bakti sama gedung caraka loka.
sampai kami pulang ke Singapur, masih dilema gitu yang mana.
Akhirnya mama&papa saya dan mama&bapak iman pergi bareng buat meninjau gedung2 tersebut, dan mereka berempat lebih cenderung ke depsos,, ya saya sama iman akhirnya nurut aja..
Ternyata depsos ini udh penuh sampe pertengahan tahun, buat kami kami ga masalah, soalnya kita maunya akhir tahun atau awal tahun 2010 (masih butuh waktu buat nabung,hehehe). Tapi papa saya kurang setuju klo awal tahun 2010, katanya kejauhan sm acara lamaran, akhirnya diputuskan nikahan kita bulan desember.
Di depsos ini untuk bula desember masih ada kosong dua tanggal, 6 Desember dan 18 Desember. Setelah dipikir2, kita ambil tgl 6 Desember aja, soalnya klo menjelang akhir tahun kerjaan saya dikantor lagi ribet, trus klo ga salah 18 Desember kena long weekend, jadi takutnya tamu2 pada liburan. Oh iya, kita pilih acaranya siang, karena klo malem, kita ga bisa akad nikah di gedung, karena waktunya mepet. Jadi nanti rencananya paginya akad nikah, siangnya resepsi ditempat yang sama.

Awal Februari kemaren, kita bayar DP buat Gedung untuk Aneka Bakti, buat tanggal 6 Desember 2009.

So, bismillahirohmanirrohim...
Pernikahan Iman dan Litha
InysaAlah akan dilaksanakan di
Gedung Aneka Bakti, Depsos
6 Desember 2009.

Mohon doanyaaaa....


Litha

12 comments:

  1. Wa.....hari H qt deketan....cuman beda seminggu doang....aq insya Allah tgl 28 nov 2009..

    Semoga semuanya diberi kemudahan n kelancaran yah...aminnn

    ReplyDelete
  2. amiiiiiiinnn,,
    rika, aku comment2 tuh di blog km,,
    aduh kita jodoh banget deeh,,
    jahit kebaya lamaran juga ga jauh2 tempatnya,,
    asik2,,,
    bisa bagi2 tips niiih..

    ReplyDelete
  3. Hi Litha!
    salam kenal ya... sesama capeng niy, smangat2 yaaa cari2 vendornya.. :)
    btw, samaan ya kita cara milih tanggalnya, hihihi..ngoboy kita..;)

    ReplyDelete
  4. hi lam kenal ya...klo blh tau pd di gedung mana?
    n hrg nya berpa

    ReplyDelete
  5. Haii lam kenal yaa..wahh sama-sama pemakai gedung Depsos nih, aku make jg utk resepsi seminggu setelah kamu..
    Share pengalaman yaa jeng..terutama soal gedung Depsos dan vendornyaa..

    ReplyDelete
  6. dear Litha..
    selamat ya untuk rencana pernikahannya.
    kami turut do'akan insya Allah semua bisa berjalan lancar. btw, kalo Litha atau teman-teman butuh wedding organizer yang profesional menangani pernikahan islami & tradisonal, jangan sungkan menghubungi kami ya..
    kebetulan kami ada promo menarik.
    oh ya.. portofolio kami bisa diliat di www.bungawedding.com

    wassalam:)
    BUNGA
    wedding organizer
    0 8 5 6 1 8 8 0 8 6 9

    ReplyDelete
  7. hi litha.. lam kenal.. aku dian, klo boleh aku juga mau dong dikirim semua list harga gedung.. aku insya allah nikah tgl 8 november thn ini... mohon infonya sis.. mohon dibantu... thnx, kirim ke ogef_cindy@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. Hi Litha...

    Salam kenal..
    SOrry nih mo ngerepotin.. bisa gak minta detail apa aja tentang ngurus pernikahan kamu.. soalnya aku rencana mau nikah awal tahun depan.
    Tolong dikirimin ke rievie18@yahoo.com ya..

    Makasih banyak..

    love

    Rie

    ReplyDelete
  9. bu, salam kenal
    aku mau dong kirimin list gedung pernikahannya
    ke figure09th@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. Dear Litha,,
    Selamat ya buat pernikahannya..
    Kalo butuh souvenir yang unik & terjangkau,,
    klik http://www.facebook.com/home.php#/album.php?aid=1389&id=100000541261991
    yaa..

    ato email aja ke nenina.craft@gmail.com
    ntar aku kirimin catalognya..

    Makasii..

    ReplyDelete
  11. selamat ya..
    maaf saya ingin menanyakan prihal gedung yang digunakan..
    boleh minta contact personnya depsos dan deplu ga?
    soalnya masih cari lokasi buat nikahan ni..
    dan berapa ya harganya..
    terima kasih atas perhatiannya..
    aguswibowo.040286@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  12. Hi Mbak,

    Saya Ivonne, co-founder dari KlubEvent.com - Portal dimana para perencana event dapat mencari dan memberikan review vendor event sekaligus berkomunikasi online dan book vendor. Mbak, saya mau tanya kalau mbak berkenan untuk memberikan review pendek tentang vendor photografer di klubevent.com. Tentunya review mbak akan sangat membantu teman-teman lainnya yang sedang pusing memilih vendor fotografi. Kalau berkenan, mbak bisa kontak saya di ipratiwi@klubevent.com. Terima kasih ya mbak.

    ReplyDelete